Kamis, 04 Agustus 2011

Mental, Masalah Terbesar Penggawa Timnas

Bola Indo - Masalah terberat yang dihadapi Timnas Indonesia ternyata bukanlah masalah fisik, seperti yang dibicarakan banyak orang. Menurut pelatih Timnas Indonesia, Wim Rijsbergen, masalah terbesar para pemain Indonesia justru pada masalah mental.
"Beberapa pemain Indonesia sangat layak untuk bermain di Eropa. Mereka memiliki teknik yang sangat bagus. Namun, mereka sangat kurang dalam hal mental. Mereka kerap merasa minder di lapangan," ungkap pelatih yang bernama lengkap Wilhelmus Gerardus Rijsbergen namun akrab disapa Wim ini, seperti dituturkan lagi oleh General Manager Timnas, Arya Abhiseka.
"Mereka melihat permainan Andres Iniesta dan hanya bisa terkagum-kagum tanpa memiliki keyakinan bahwa mereka bisa melakukan hal yang sama atau bahkan lebih baik dari Iniesta," sambung Arya, menirukan Wim.
Lebih lanjut, Arya mengatakan bahwa untuk mengatasi permasalahan ini memerlukan sebuah proses dan tidak bisa dilakukan secara instan.
Pasalnya, menurut pria yang juga merupakan General Manager Bidang Liga Liga Primer Indonesia ini, perlu tahapan-tahapan khusus untuk bisa mengubah pola pikir seseorang.
Sementara itu, terkait masalah fisik, Arya mengaku bahwa pihaknya kini tidak lagi merasa cemas. Pasalnya, mereka telah memboyong pelatih fisik asal Belanda, yang sempat menjadi kepercayaan Guus Hiddink, kala menangani Timnas Korea Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar