Selasa, 08 Februari 2011

Bogor Kompak Pilih George Toisutta

Kota dan Kabupaten Bogor kompak soal calon ketua umum PSSI. Jelang pemilihan tahta orang nomor satu organisasi sepakbola nasional di Pulau Bintan, Riau, 19 Maret mendatang, PSSI Kota Bogor mengaku akan memberikan suaranya di kongres nanti memilih dan mendukung Kepala Staf Angkatan Darat (Ksad) Jenderal TNI George Toisutta.
Demi memperbaiki kondisi persepakbolaan di Indonesia, Ketua Umum PSSI Kota Bogor, Iwan Suryawan mengatakan, dukungan yang diberikan untuk George nanti diharapkan mampu mengubah keadaan PSSI saat ini dan mampu membenahi kondisi PSSI secara menyeluruh.
“Ya, untuk perbaikan dan peningkatan kualitas pembangunan sepakbola di Indonesia, kami bulat mendukung George Toisutta. Insya Allah, jika beliau terpilih sebagai ketua umum PSSI, persepakbolaan di Indonesia akan berkembang dengan baik,” ujar Iwan kepada Jurnal Bogor, Senin (7/2).
Kendati Iwan tak begitu mengenal baik sosok George yang merupakan mantan Pangdam III/Siliwangi itu, namun ia meyakini jika George memimpin PSSI mengkomandoi gerbong persepakbolaan Indonesia kea rah yang lebih baik lagi.
Sebelumnya Ketua Umum PSSI Kabupaten Bogor Rachmat Yasin memberikan sinyal positif ke Toisutta. Soal dukung mendukung itu kata dia soal gampang, namun Toisutta dinilai lebih baik dari calon yang ada saat ini, dibandingkan calon incumbent Nurdin Halid. “George Toisutta memiliki track-record positif dan dia juga memiliki kepedulian terhadap sepakbola,” ungkap Ketua Umum Persikabo itu.
Sementara Pengda PSSI Jawa Barat belum menyebutkan nama yang akan diusung pada Kongres PSSI untuk pemilihan ketua umum untuk periode mendatang tersebut. “Pengda PSSI Jabar akan melakukan Raparda bersama 26 Pengda PSSI se-Jawa Barat, kita hanya punya satu suara sehingga aspirasi dari daerah harus diakomodasi,” kata Ketua Pengda PSSI Jawa Barat, H Tony Aprilani.
Rencananya Raparda Pengda PSSI Jabar akan digelar 26 Februari 2011 . Menurut Toni, hasil Raparda itu akan menetapkan satu nama untuk diusung oleh Pengda PSSI Jabar untuk memberikan suara kepada calon yang akan mereka dukung.
Tony menyebutkan, saat ini mengerucut tiga nama yang akan maju pada pemilihan Ketua Umum PSSI yakni Nurdin Halid, Nirwan D Bakrie dan KSAD Jenderal George Toisuta.
“Ketiganya memiliki kelebihan, keunggulan dan juga ada kekurangannya. Jelas itu semua akan menjadi pertimbangan kami dalam Raparda PSSI nanti,” kata Tony.
Ia menyebutkan, suara Pengda PSSI Jabar hanya satu dan hanya akan mengusung mayoritas masukan dari Pencab PSSI se-Jawa Barat.
Sedangkan klub-klub peserta kompetisi yang mamiliki hak untuk memberikan suara antara lain Persib dan Pelita Jaya dari Liga Super Indonesia, Persikab, Persikabo dan Persipasi dari Divisi Utama serta beberapa klub dari divisi lainnya.
“Klub itu punya hak suara, sedangkan Pengcab PSSI kabupaten/kota tidak punya suara, sehingga kita perlu tampung aspirasi mereka melakukan mekanisme Raparda. Suara itu nantinya bukan suara dari Pengda PSSI Jabar saja namun juga perwujudan dari Pengcab PSSI se-Jabar,” kata Tony.
Terkait tiga sosok yang saat ini mencuat, menurut dia Nirwan dan Nurdin memiliki pengalaman organisasi di PSSI, sedangkan Jenderal George Toisuta juga memiliki pengalaman mengembangkan sepak bola dan berkecipung di PORAD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar