Rabu, 10 Agustus 2011

Persikabo Ikut Verifikasi

Pakuan Raya - Pengurus teras Persikabo cukup serius menjadikan tim berjuluk Laskar Padjajaran menjadi sebuah klub profesional yang siap berlaga di kancah kompetisi profesional. Menindak lanjuti surat edaran PSSI yang dikeluarkan tanggal 6 Agustus lalu, terkait rencana digulirkannya kompetisi musim 2011/2012, mereka langsung bergerak cepat menyikapinya.
Selasa (9/8) kemarin, pentolan Persikabo, Rudi Ferdian, menyerahkan berkas administrasi atau persyaratan untuk memenuhi aspek menjadi tim profesional yang mencakup lima aspek yakni legal, keuangan, infratruktur, sumber daya manusia (SDM) dan supporting kepada PSSI untuk di verifikasi bersama dengan Asian Footbal Confederation (AFC).
"Persikabo sudah siap menjadi klub professional. Seluruh persyaratan yang diminta sudah kami serahkan kepada PSSI untuk diverifikasi. Kita tunggu saja hasil pengumumannya pada tanggal 25 Agustus nanti,"kata Rudi Ferdinan kepada Pakar, kemarin.
Dijelaskannya, langkah cepat menindaklanjuti surat edaran dari komite PSSI berkenaan dengan kegiatan kompetisi tahun 2011/2012 sebagai tindak lanjut Workshop AFC Profesional Club Assessement dengan PSSI beberapa waktu lalu ini, sengaja dilakukan manajemen Persikabo meski timeline penyerahan dokumen untuk diverifikasi masih menyisakan waktu dua minggu kedepan.
Menurutnya, selain sudah menjadi kebutuhan Persikabo sendiri, hal itu dilakukan untuk menjawab keinginan masyarakat pecinta bola di Kabupaten Bogor khususnya Kabomania.
"Siapa yang tidak menginginkan Persikabo menjadi klub professional dan tampil dikasta kompetisi berlabel professional,"tegasnya.
Seperti diketahui, Anggota komite eksekutif PSSI bidang Liga Indonesia Sihar Sitorus mengatakan PSSI akan mengisi peserta musim 2011/12 dengan klub-klub, baik ISL maupun LPI, yang telah lolos verifikasi berdasarkan ranking yang dibuat induk organisasi sepakbola nasional tersebut. Klub-klub ini diminta paling lambat menyerahkan dokumen kelayakan sebelum 22 Agustus mendatang. "Kami akan meminta kepada seluruh klub agar memenuhi persyaratan yang diminta oleh AFC. Klub harus memasukkan dokumen yang dibutuhkan, dan nanti diverifikasi. Setelah itu, akan ditentukan ranking klub untuk menentukan yang mana profesional dan amatir," ujar Sihar.
Ditambahkan, saat ini klub profesional yang ada memiliki kondisi berbeda terkait lima aspek persyaratan yang harus dipenuhi. Kelima aspek itu adalah finansial, administrasi, pembinaan usia muda, pendukung dan infrastruktur.
Dia menguraikan, pada hari tanggal 23 Agustus, akan dilakukan tahap verifikasi dokumen klub yang telah masuk. Kemudian tanggal 25 Agustus diumumkan siapa saja klub peserta yang akan berlaga dikompetisi nanti yang selanjutnya oleh PSSI dilaporkan ke AFC pada 3 September Sebagai batas waktu akhir, jika wakil Indonesia tak ingin kehilangan kesempatan tampil di Liga Champions Asia untuk tiga tahun ke depan.
"Klub mana pun yang memenuhi kelima syarat ini akan masuk dalam kategori klub profesional. Untuk klub yang selama ini menghuni Liga Super, saya kira seharusnya mereka bisa lebih cepat memenuhi persyaratan ini," kata Sihar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar