Selasa, 20 September 2011

Fisik dan Teknik tak Cukup, Suimin Butuh Pemain Fighter

Radar Bogor - Teknik dan fisik saja tidak cukup bagi Headcoach Suimin Diharja untuk menentukan skuad Laskar Pajajaran. Mental juga menjadi salah satu faktor bagi Pelatih Kampung (sebutan Suimin Diharja, red) untuk memilih pemain.
Ya, baginya, fisik dan teknik jika tidak didukung dengan mental yang kuat, menjadi salah satu faktor kehancuran sebuah tim. Maka dari itu, selain teknik dan fisik, mental juga harus dimiliki pesepakbola.
¨Saya tak mau merekrut pemain yang hanya mengandalkan fisik dan teknik. Sementara mental bertandingnya lemah. Saya hanya akan merekomendasikan para pemain yang siap tempur. Karena kalau pemain yang bernyali kecil hasilnya tak bagus,” ujar Suimin Diharja kepada Radar Bogor.

Menurut dia, jajaran pelatih juga tidak akan merekomendasikan pemain berlevel bintang tapi bermental tempe, sebab kepopuleran pesepakbola tidak akan mengangkat prestasi sebuah tim. “Pemain yang akan direkomendasikan kepada jajaran direksi Persikabo adalah yang berjiwa petarung,” tegas Suimin lagi.
Dalam kesempatan berbeda, pengamat sepakbola, Yakub Habe mengaku optimis kalau Persikabo musim ini akan lebih punya karakter bertanding yang ngotot.

“Walau Persikabo musim lalu tidak gereget, saya yakin Suimin akan membangkitkan mental dan motivasi bertanding para pemain Persikabo untuk meraih kemenangan tandang dan kandang,” pungkas Yakub.
Sementara itu, dalam sesi latihan di Jakarta Japan Club (JJC) Sentul, mantan bomber Persisam, Choi Dong Soo tak terlihat sama sekali di lapangan. Hal tersebut disinyalir karena PSSI masih plin-plan menggunakan format kompetisi.

“Sepertinya Choi sudah melihat berita mengenai format kompetisi PSSI yang belum jelas, jadi dia malas hadir di sini. Tapi yang jelas kita sudah tahu kualitasnya, mau tidaknya ia bergabung itu tergantung Choi,” jelasnya.
Dalam latihan serta seleksi asing perdana tersebut diikuti 36 pemain. Di antaranya, Kahudi Wahyu, Bona Simanjuntak, Cyril Tchana, Mulyani, Tugihadi (mantan stoper Batavia Union), Patricio Jimenez (eks PSIS Semarang), dan Etogo dari Manado United.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar