Rabu, 23 Maret 2011

Emeka Masih Mandul

Pakuan Raya - Pembelian Oyoke Emeka Obidiah, salah seorang bomber asing Persikabo pada putaran kedua benar benar belum berdampak signifikan pada produktifitas gol Laskar Pajajaran. Lumbung gol tim besutan Maman Suryaman ini masih bertumpu pada Zaenal Arif, Jibby Wuwungan, Ilham Hasan dan Salim Alaydrus yang kerap menyumbangkan gol bagi tim Plat Merah milik masyarakat Kabupaten Bogor ini. Padahal, kehadiran Emeka ini diharapkan bisa menggantikan peran JP Boumsoung yang dinilai kurang greget di Persikabo karena masih cedera lutut. Namun kualitas Emeka ternyata masih jauh dibawah Boumsong, yang mampu menyumbangkan 2 gol bagi Persikabo pada putaran pertama lalu.
Masih mandulnya Emeka Obidiah sebagai bomber Persikabo saat ini mulai menuai protes dari para bobotoh Persikabo yang dikenal dengan Kabomania. Para Kabomania mengatakan, pembelian Emeka adalah hal yang aneh dan tidak masuk akal. Karena kualitas Emeka sendiri masih jauh dari tiga bomber lokal yang ada di Persikabo seperti Zaenal Arif, Jibby Wuwungan dan Ilham Hasan.
"Persikabo selalu gagal dalam pembelian bomber asing. Kenapa pemain sekelas Emeka ini masuk dalam skuad Persikabo yang noteben punya target Superliga. Kalau memang dari awal Ketua Umum Persikabo, Rachmat Yasin menginginkan Persikabo masuk Superliga, kenapa beliau tidak membeli Fortune Udo (Persiba Bantul), Pablo Frances (Persikab). Alberto Gonzalves (Persijap) ataupun bomber lainnya yang kualitasnya lebih bagus dan punya insting gol yang tinggi. Sekarang Fortune Udo menjadi top skore Divisi Utama Ligina dengan 23 gol bersama Persiba Bantul. Sementara Pablo Frances dan Beto saat ini mampu menjadi meteor baru di klubnya masing masing," ujar M. Yusuf Kiat, jenderal Kabomania kepada Pakar dengan tegas.
Sementara itu, Ronny Kusmaya, salah seorang PNS Disdik Kabupaten Bogor yang saat ini menjadi anak kesayangan Kadisdik menegaskan, Emeka sebenarnya tidak layak masuk dalam skuad Persikabo. Kualitasnya berada dibawah bomber lokal Persikabo. Bahkan, ia melihat sosok Emeka saat ini untuk lari saja sulit, karena badanya terlalu berat. " Kok, bisa yah manajemen, merekrut pemain seperti Emeka. Padahal, masih banyak bomber lain yang kualitasnya diatas Emeka," ujar Jubir Disdik Kabupaten Bogor.
Lebih lanjut, kata lelaki penggemar kerupuk udang ini mengatakan, kedepannya siapapun yang akan duduk dalam manajemen Persikabo, minimal mereka harus bisa lebih teliti lagi dalam melakukan pembelian pemain asing. " Pembelian pemain asing yang dinilai berhasil untuk pemain asing tahun ini mungkin hanya Eduard Valuta, karena sepintas saja ia mampu menujukan kualitasnya. Selain itu, saya melihat sosok Eduard termasuk pemain yang tidak manja atau tidak rewel. Ia mampu beradaptasi dengan baik di Persikabo," pungkas juragan angkot kelahiran Kabupaten Subang ini.
Sementara itu, arsitek Persikabo, Maman Suryaman masih menaruh harapan besar kepada Emeka untuk enam pertandingan tersisa. Bahkan, Maman mengaku akan menurunkan Maman dalam laga lawan PSLS nanti. Namun, apakah ia akan main sebagai stater atau cadangan, maman tidak mau menyebutkan secara detail.
Maman sendiri tidak mau membahas soal pembelian pemain terutama Emeka pada awal putaran kedua lalu. Sebab Maman saat ini hanya ingin fokus memenangkan semua laga tersisa yang akan dihadapi Persikabo. " Saya hanya akan fokus dalam menghadapi semua laga tersisa yang akan dihadapi. Karena saya ingin Persikabo menyapu bersih semua poin kandang dan tandang. Saya menginginkan semua pemain punya target memenangkan semua laga," ujar Maman Suryaman.
Lebih lanjut, kata Maman, ia bersama para pasukannya saat ini tidak memikirkan soal masih ada atau tidaknya peluang Persikabo menuju Superliga. Karena menurut dia hal terpenting yang harus dilakukan saat ini adalah memenangkan semua partai kandang dan tandang. " Buat apa kita berandai andai soal target, lebih baik kita main bagus dan memenangkan semua partai yang akan kita hadapi baik kandang ataupun tandang. Kalau kita memikirkan target tapi hasilnya jeblok malah akan menimbulkan situasi yang tak sedap bagi tim dan para pemain. Lebih baik saat ini menangkan semua partai yang akan Persikabo lakoni," bebernya dengan tegas, yang mengaku masih siap menukangi Persikabo musim depan kalau memang ada kepercyaan dari pengurus Persikabo.
Dalam kesempatan yang sama, Maman juga tampak optimis laga melawan PSLS Lhoksemawe bisa dimenangkan dengan poin penuh oleh Persikabo. Selain itu, Maman juga telah mengintruksikan kepada para pemainnya untuk bermain all out dan membuat gol sebanyak banyaknya. Hal ini akan menjadi modal kepercayaan Kabomania kepada Persikabo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar