Jumat, 07 Januari 2011

Maman Tetapkan Formasi Ideal

Pelatih kepala Persikabo, Maman Suryaman akhirnya bisa memutuskan formasi yang tepat untuk anak asuhannya setelah mencoba kemampuan pemain melalui dua kali uji coba. Formasi 3-5-2 yang diterapkan pada saat laga away ke Aceh tahun lalu, dianggap lebih tepat untuk diterapkan pada saat laga tandang. Sedangkan untuk laga home minggu depan, ia lebih memilih pola 4-4-2, karena terlihat lebih agresif dan bisa menghasilkan finishing goal yang lebih bagus untuk menghasilkan poin penuh.
“Hasil dari formasi 3-5-2 saat di Aceh memang bagus. Saya memaksakan dua kali uji coba karena ingin melihat tim ini dalam kedua formasi itu. Dari kedua hasil uji coba, saya menilai posisi 3-5-2 memang bagus, tapi untuk pertandingan away. Karena tim akan lebih defensive dalam pola itu. Sedangkan untuk home, sebaiknya memakai pola 4-4-2. Saya lihat mereka lebih offensive dan bisa menyelesaikan goal dengan baik,” ujarnya.
Ia mengakui, pertahanan di lini belakang memang lebih terkendali dengan pola 3-5-2, karena sayap berfungsi sangat maksimal dan bisa mengunci serangan lawan. Akan tetapi, karena fokus ke pertahanan, kekuatan lini depan jadi berkurang dan sulit menghasilkan gol. Sementara untuk mengatrol posisi Persikabo saat ini, bukan hanya pertahanan yang harus ditingkatkan, namun juga peluang gol.
Setelah menjalani dua kali uji coba, Maman menambahkan, ia masih belum bisa melihat kemampuan Cyril Tchana dan Salim Alaydrus.
“Mereka berdua tidak bisa tampil dalam kedua uji coba ini. Saya punya gambaran, tapi belum melihat langsung. Cyril kemungkinan akan saya letakkan sebagai cadangan saat bertanding nanti. Sementara Salim mungkin akan turun full time, saat ini dia tidak bisa ikut hanya karena meriang,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar