Jumat, 09 Maret 2012

Selangkah Juara

Selangkah lagi timnas sepakbola Indonesia U-21 bakal merengkuh gelar Hassanal Bolkiah Trophy 2012. Malam ini (9/3) Andik Vermansyah dkk harus berhadapan dengan tim tuan rumah untuk merebut gelar tersebut di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah Bandar Seri Begawan (siaran langsung RCTI pukul 19:45 WIB). Pelatih timnas U-21 Widodo C Putro mengatakan, timnya sangat siap untuk tampil di laga final dan membawa pulang trofi juara. Targetnya adalah mengulang prestasi 2002 silam. Saat itu skuad Garuda mengalahkan Thailand 2-0 di babak puncak.Di dua edisi sesudahnya (2005 dan 2007) giliran Thailand yang menjadi juara. Tapi di edisi kali ini (2012) negeri Gajah Putih itu tidak mengirimkan timnasnya.

“Kami siap tampil melawan Brunei dan optimistis bisa juara. Kami butuh doa dan dukungan seluruh rakyat Indonesia,” kata Widodo. Mantan pelatih Petrokimia Putra Gresik dan Persela Lamongan ini mengungkapkan jika tim besutannya percaya diri menghadapi tuan rumah. “Tapi saya ingatkan kepada anak-anak untuk tidak overconfindence (terlalu percaya diri, red). Mereka harus tetap fokus dan menjalankan instruksi pelatih. Jangan gampang terpancing. Karena itu akan merusak permainan,” sambungnya.

Kapten tim Andik Vermansyaha mengaku tidak sabar ingin tampil di final dan menutupnya dengan kemenangan. “Kami ingin memberikan hasil terbaik buat bangsa dan negara,” cetus Andik.

Mengenai lawan yang akan dihadapi, pemain Persebaya 1927 itu mengatakan, dia dan rekanrekannya harus mewaspadai serangan balik Brunei. “Saya lihat serangan balik mereka begitu cepat. Ini yang harus diantisipasi,” sambungnya.

Andik menegaskan, meski harus bermain di kandang lawan, dirinya dan tim menyatakan tidak gentar sedikitpun. Sebab masyarakat Indonesia juga banyak yang tinggal di Brunei dan selalu memberikan dukungan langsung ke stadion. “Kalau dukungan penonton kita tidak kalah. Setiap pertandingan kita selalu didukung rakyat Indonesia yang ada di Brunei,” bebernya.

Optimisme itu didukung kondisi tim yang bisa disebut sedang prima. Dokter tim Saad Budiono mengungkapkan tidak ada pemain yang cedera. “Semua pemain inti bisa main. Mental dan stamina mereka juga oke. Hari ini (kemarin, red) para pemain hanya rileks dan sore nanti (kemarin sore, red) latihan ringan seperti biasa,” paparnya.
(radarbogor)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar