Selasa, 09 Agustus 2011

Optimalkan Peran Aktif Pihak Swasta

Pakuan Raya - Sejauh ini tidak ada perusahaan lain yang mau jadi Sponsorship Persikabo secara resmi dan memasang nama perusahaannya dalam kostum resmi Persikabo Bogor pada event Kompetisi Ligina. Kalaupun ada mungkin hanya sebatas Hino Dutro. Namun, Padahal banyak sekali perusahaan perusahaan besar di Kabupaten Bogor yang memiliki CSR nya seperti Indocement, Holcim, PT Antam, Chevron dll. Disamping itu pula, banyak sekali potensi perusahaan yang bergerak dalam bidang pariwisata. Akan tetapi kenapa sampai saat ini para perusahaan itu enggan melakukan partisipasinya kepada Persikabo?
Masyarakat bola di Kabupaten Bogor memang tidak tahu persis sejauh mana peran aktif perusahaan swasta di Kabupaten Bogor itu dalam membantu dunia olahraga atau sepakbola di Kabupaten Bogor. Karena selama ini pula tidak ada transfaransi dari pihak pengurus Persikabo Bogor mengenai ada atau tidaknya bantuan dari perusahaan-perusahaan itu kepada Persikabo. Padahal, besar kecilnya bantuan itu harus diketahui oleh masyarakat Kabupaten Bogor semua.
Menyikapi potret buram masa depan Persikabo, Iwan Setiawan dari Komisi B DPRD Kabupaten Bogor mengatakan, sudah seharusnya Persikabo melakukan perubahan kinerja dalam rangka mencari pendanaanya. Apalagi musim depan APBD sudah tidak boleh lagi dikucurkan.
"Idealnya pengurus Persikabo melakukan duduk bareng dengan anggota DPRD Kabupaten Bogor, para pengusaha swasta ataupun para pemilik perusahaan yang melakukan investasi di Kabupaten Bogor. Kita harus meniru apa yang telah dilakukan Persib Bandung yang banyak mendapatkan dukungan dari perusahaan swasta," tegas Iwan Setiawan dengan nada tegas.
Dalam hal yang sama, AY Sogir dari LSM Gerak merasa heran kalau perusahaan di Kabupaten Bogor tidak memberikan dana partisifasinya kepada Persikabo. " Saya tidak tahu persis, apakah selama ini perusahaan tersebut memberikan dana partisifasi kepada Persikabo atau tidak. Kalau memang tidak , apa salahnya dilakukan tahun ini. Namun, kalau memang mereka sudah sering melakukan partisifasi kepada Persikabo, maka pihak pengurus Persikabo juga harus melakukan transfaransi soal bantuan ini. Karena ini untuk memancing ketertarikan investor lain agar mau melakukan kerjasama dengan Persikabo," tegas Sogir.
Sogir menilai, sangat ironi sekali bagi Persikabo kalau tidak bisa mencari dana sekitar 10 sampai 15 Miliar. Apalagi di Kabupaten Bogor ini banyak sekali perusahaan besar. Kalau ada seratus atau dua ratus perusahaan saja dan siap memberikan bantuan seratus juta , minimal untuk pembiayaan satu musim bukan hal yang sulit. Tapi mereka juga harus mendapatkan porsi yang jelas dalam hal promosinya. " Jangan sampai pihak swasta memberikan bantuan, tapi mereka tidak bisa mendapatkan apa apa. Minimal mereka bisa mendapatkan promosi diarea Stadion ataupun dalam kostum Persikabo," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar