Selasa, 23 Agustus 2011

Logo Persikabo, Perlukah Diganti?

Pakuan Raya - Sejumlah pengurus Kabomania yang tersebar di 40 kecamatan di Kabupaten Bogor menyarankan manajemen Persikabo mengubah logo logo tim. Menurut mereka, logo yang dipergunakan tim berjuluk Laskar Pajajaran saat ini, tidak jauh beda dengan logo Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dengan tulisan "Prayoga, Tohaga dan Sayaga" atau jika dijabarkan Prayoga berarti utama, Tohaga berarti kokoh dan kuat, Sayaga berarti siap siaga.

Aril pentolan Kabomania Strebert Ciawi mengungkapkan, logo sebuah tim merupakan jati diri sebuah tim. Karena itu, bertepatan dengan kondisi Persikabo yang saat ini bersiap menjadi klub professional, manajemen harus memikirkan juga perubahan logo.
"Situasinya kan sekarang Persikabo sednag berbenah, apa salahnya kalau kami sebagai salah satu komunitas pendukung fanatic Persikabo mengusulkan kepada para petinggi Persikabo supaya logo yang sekarang diganti supaya lebih fresh dan menjual,"ujarnya kepada Pakar, Senin (22/8).

Menurutnya, merubah logo tim memang tidak mudah, karena akan bertentangan dengan nilai sejarah. Tapi, bila melihat kondisi saat ini, perubahan ini sudah bukan menjadi sesuatu yang aneh. Contohnya sejumlah klub di luar negeri, logo klub diganti sejalan dengan visi dan misi kedepan tim tersebut.
Bahkan di klub sepakbola, perubahan ini bukal hal yang asing. Liha saja klub-klub dibelahan dunia lain. Mereka mengubah ikon atau logo sejalan dengan visi dan misi baru dari tim tersebut.

"Di Indonesia sendiri ada beberapa tim yang logonya didesain menarik dan menjual, sebut saja Sriwijaya FC dimana logonya merupakan hasil sanyembara, lalu Pelita Jaya dan Arema Indonesia,"tandasnya.
Sependapat dengan Aril, pengurus Kabomania Cisarua, Wahyu Hadianto mengatakan, logo Persikabo memang sudah waktunya dirubah, apalagi sekarang ini status Persikabo akan menjadi sebuah inbdustri sepakbola."Kalau desain logonya berubah tentunya akan meningkatkan daya jual, terutama dari sisi penjualan merchandisme. Dan ini harus dipertimbangkan oleh manajemen,"katanya.

Selain itu, sambung Wahyu, termasuk juga apparel yang akan dikenakan Persikabo pada musim kompetisi sekarang. Seperti diketahui dimusim 2010/2012 Uno menjadi apparel resmi persikabo.
"Kalau bisa pengurus juga memperjuangkan untuk apparel jerseynya dengan mencari merek yang lain, dengan kualitas yang lebih baik,"tukasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar