Jumat, 29 Juli 2011

Indonesia Unggulan Terakhir di Babak Ketiga

Keberhasilan Timnas Indonesia lolos ke babak ketiga Pra Piala Dunia 2014 menjadi sejarah buat persepakbolaan Indonesia sejak prestasi terbaik Indonesia di ajang Pra Piala Dunia 1986. Saat itu, Timnas Indonesia hampir lolos ke putaran final Piala Dunia 1986 di Meksiko namun gagal karena dikalahkan oleh Korea Selatan di babak Play Off.
Di ajang Pra Piala Dunia 2014, Indonesia menjadi unggulan terakhir pada drawing putaran ketiga Pra Piala Dunia 2014 Zona Asia yang akan berlangsung di Marina da Gloria, Rio de Jeneiro, Brasil, Sabtu 30 Juli 2011.
Pasukan Garuda berada di pot 4 bersama Thailand, Singapura, Korea Utara, dan Lebanon. Posisi di tiap pot berdasarkan peringkat FIFA per 27 Juli lalu. Indonesia berada di peringkat 137 FIFA hanya unggul atas Lebanon (159 FIFA).
Di pot pertama ditempati Jepang, Australia, Korea Selatan, Iran dan China. Di pot kedua ada Uzbekistan, Qatar, Jordania, Arab Saudi dan Kuwait. Sedangkan di pot ketiga ditempati Bahrai, Syria, Oman, Irak dan Uni Emirat Arab.
Dari 20 tim yang lolos ke babak ketiga akan dibagi menjadi lima grup yang setiap grup akan diisi empat tim. Masing-masing unggulan terakhir akan menempati posisi terakhir di setiap grup. Tim-tim di pot tiga akan menduduki posisi tiga di tiap grup, tim di pot kedua akan menempati posisi kedua tiap grup dan lima unggulan teratas akan menempati posisi pertama di tiap grup.
Masing-masing juara dan runner up grup akan lolos ke babak keempat. Dari 10 tim yang lolos akan dibagi menjadi dua grup yang berisikan lima tim di setiap grupnya. Juara dan Runner Up grup akan lolos langsung ke Putaran Final Piala Dunia 2014, sedangkan peringkat tiga terbaik akan melawan Juara Zona Oseania.
Putaran ketiga akan dilaksanakan pada tanggal 2 September 2011 hingga 29 Februari 2012 dan Indonesia akan melakoni enam laga yang sangat berat.

Seeding Putaran 3 Pra Piala Dunia 2014 zona Asia

Pot 1
Jepang
Australia
Korea Selatan
Iran
China

Pot 2
Uzbekistan
Qatar
Yordania
Arab Saudi
Kuwait

Pot 3
Bahrain
Syria
Oman
Irak
Uni Emirat Arab

Pot 4
Korea Utara
Thailand
Singapura
Indonesia
Lebanon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar