Jumat, 30 Desember 2011

Tandem Tak Abadi

Kejutan-kejutan siapa pemain yang diturunkan bakal mewarnai laga Persikabo Bogor pada kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia 2011-2012. Pelatih Suimin Diharja mengubah sistem ‘the winning team’ menjadi ‘rotation team’. Upaya ini dilakukan agar Laskar Padjajaran tak terpaku dengan pemain tertentu. Semua pemain ditegaskan memiliki peluang yang sama, karena kini Persikabo memiliki banyak pemain muda. Jadi siapa ‘the young gun’ yang layak turun?

Ini akan terlihat nanti. Meski demikian, pemain pelapis diaku Suimin telah bersaing masuk kerangka tim. Pada game di Stadion Persikabo, Rabu (28/12) sore, tim Hijau yang dihuni pemain utama bertarung dengan tim Merah yang mayoritas pemain muda. Suimin memberikan catatan terhadap pemain yang menghuni posisinya masing-masing. Hasil akhir, tim Hijau memenangkan game dengan skor 5-3. Gol tim Hijau dicetak dua gol Brima Pepito, Dian Irawan, Jarot dan Jibby Wuwungan. Sedangkan gol tim Merah oleh Andi Sopian, Rozhaly dan Morgan Pelupessy. “Abang sekarang ini tak menganut the winning team, tetapi rotasi. Jadi tak ada tandem abadi untuk pemain tertentu,” jelas Suimin.

Mengenai laga away Persikabo kontra PS Bengkulu, Jumat (6/1), persiapan dilakukan seperti pada game itu. Tim Merah (seolah-olah PS Bengkulu), Suimin menempatkan 12 pemain melawan tim Hijau dengan 11 pemain. Satu babak dibagi tiga termin yakni pada 15 menit pertama pressing dilakukan di sepertiga tengah, lalu 15 menit kedua melakukan compack defend atau counter attack dan 15 menit terakhir pressing lagi.
“Semua berjalan sesuai rencana, kecuali pada 15 menit akhir tekanan sudah tak terlihat lagi. Ini yang jadi bahan evaluasi,” ungkap Suimin dimana tahapan stay of play itu diberikan tiga tahapan tersebut diatas. “Nanti tergantung kesepakatan pemain dan situasi di lapangan. Mana yang pertama dilakukan dulu apakah pressing atau compack defend lalu counter attack.”

Persikabo pada kompetisi nanti akan menjalani 11 pekan pertandingan di putaran pertama, dan 10 pekan di putaran kedua hingga total 23 pekan yang masing-masing putaran sebanyak 8 pertandingan. “Jadwalnya telah cukup ideal karena ada jeda sepekan. Jadi recovery pemain cukup,”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar