Sabtu, 14 Mei 2011

Herzon Jagokan Suimin

Pakuan Raya - Sosok Suimin Diharja yang disinyalir bakal membesut Laskar Pajajaran pada musim kompetisi Divisi Utama 2011-20112. Ternyata banyak mendapat dukungan, baik dari Kabomania, pemain lokal maupun pengamat sepakbola. Ya semua itu memang beralasan, karena Suimin dikenal mampu membangun karakter sebuah tim serta mempunyai komitmen untuk membangun olahraga si kulit bundar di Kabupaten Bogor.
Pengamat Sepakbola, Herson Hizkia mengatakan, Suimin merupakan sosok pelatih dengan komitmen tinggi untuk memajukan sepakbola daerah yang dilatihnya. Sehingga totalitas dan loyalitasnya dalam mengarsiteki sebuah klub tak perlu diragukan lagi. Selain itu, sambungnya, Suimin tak pernah membanding-bandingkan antara pemain bintang serta lokal.
"Dia (Suimin, red) punya keinginan besar untuk memajukan klub yang dia tangani. Suimin juga adalah pelatih yang objektif dan tak pernah membeda-bedakan pemain lokal dan bintang. Suimin itu pelatih yang tegas dan disiplin, serta tak butuh pemain bintang. Tapi pesepakbola pekerja keras. Kalau Suimin jadi pegang Persikabo, saya sangat mendukung sekali," ujar Herson kepada wartawan , kemarin.
Menurut Herson, Suimin merupakan sosok pelatih yang objektif dalam menilai penampilan pemain dan selalu kesempatan bagi putra daerah untuk berlaga dilapangan. "Yak an selama ini putra daerah yang masih muda-muda jarang diberi kesempatan oleh pelatih. Bagaimana mereka mau bermain bagus, kalau jam terbangnya saja sedikit sekali. Jadi kalau prestasi Persikabo terpuruk jangan salahkan pemain," jelas mantan Ketua FKSSB Kabupaten Bogor itu.
Lebih lanjut kata Herson, apabila Laskar Pajajaran ingin kembali menggunakan jasa Suimin, sebaiknya Persikabo tidak hanya memakainya dalam satu musim saja. Melainkan harus memberi waktu lebih, sehingga tujuan memajukan sepakbola daerah bisa direalisasikan. "Ya kan memajukan sebuah tim itu tak cukup dengan waktu satu musim kompetisi. Kalau Suimin kesini, berilah dia (Suimin, red) dua atau tiga musim membesut Zaenal Arief dkk. Makanya saya agak sedikit kecewa, karena Suimin dulu hanya diberi kesempatan satu musim saja," tegasnya.
Sementara itu wing back kanan Persikabo, Erik Ebol mengaku sangat mendukung Suimin mengarsiteki skuad hijau merah. Menurutnya, Suimin adalah sosok yang disegani oleh seluruh pemain, sehingga kedisiplinan akan terbentuk otomatis. Suimin juga selalu memberi kesempatan bagi pemain lokal untuk masuk kedalam line up. "Saya sebagai pemain juga mendukung, kalau musim depan dilatih oleh Suimin, dia pelatih bagus. Tapi sebagai professional, saya siap dilatih oleh siapa saja," ungkapnya.
Hal senada juga dikatakan oleh Saepulloh Maulana. Menurutnya, Suimin adalah sosok pelatih ideal untuk menukangi Laskar Pajajaran. "Saya setuju bila pelatihya suimin, dia memang sosok ideal. Namun yang terpenting Suimin adalah sosok yang idealis, ya tapi sekali lagi siapa pun pelatihnya saya bakal menerima. Karena saya kan professional, jadi harus seperti itu," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar